Kamis, 19 April 2012

ANATES

                                                                          ANATES
A.    Apa Itu Anates?
       Anates adalah program aplikasi yang khusus digunakan untuk menganalisa tes pilihan ganda dan uraian yang dikembangkan oleh Drs. Karnoto, M.Pd dan Yudi Wibisono, ST. Anates versi  memiliki kemampuan untuk menganalisa soal tes seperti :
a)    Menghitung skor (asli maupun dibobot)
b)    Menghitung reliabilitas tes
c)    Mengelompokan subjek kedalam kelompok atas atau bawah
d)    Menghitung daya pembeda
e)    Menghitung tingkat kesukaran soal
f)    Menghitung korelasi skor butir dengan skor total
g)    Menentukan kualitas pengecoh (disktaktor)
Keunggulan software ini sebagai program analisis butir soal daripada Program Iteman adalah dapat digunakan untuk analisis butir soal bentuk uraian, di samping untuk analisis soal bentuk pilihan ganda. Penggunaan bahasa Indonesia dalam program ini, juga merupa-kan salah satu sisi kemudahan dalam penggunaannya daripada program lain yang menggunakan bahasa Inggris. Hasil analisis tentang skor yang diperoleh setiap testee juga dapat ditransfer ke MsExcel untuk dihitung nilainya, maka saat mendalami program ini agar sekaligus dapat mendalami aplikasi MsExcel. Jika demikian maka pemanfaatan Anates akan menjadi optimal
Pada awalnya aplikasi anates yang dikembangkan adalah versi 4 diluncurkan berbasis operating sistem Windows.Karena keterbatasan dan belum mantapnya teori tentang analisis bentuk uraian, maka pengembang membuat program aplikasi Anates versi 4 hanya dapat digunakan untuk menganalisa bentuk soal pilihan ganda saja. Baru pada Anates versi 4.0.5 yang diluncurkan pada tanggal 22 Februari 2004 pengembang berhasil membuat Anates yang dapat menganalisis bentuk soal uraian.
Program ini mampu menganalisis butir soal multiple choice dan uraian dengan mudah dan cepat. Kelebihan lainnya adalah program anates sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia.
Anates Versi 4 adalah perangkat lunak yang  khusus dikembangkan untuk menganalis tes pilihan ganda dan uraian.  tetapi seperti yang sudah disampaika anates  versi 4 belum sepenuhnya maksimal dalam penggunaannya, masih ada beberapa yang masih di anggap kurag baik, yaitu dalam hal pegolahan data soal uraian. Anates dirancang agar mudah dipelajari dan mudah digunakan.  Dengan menggunakan Anates, proses analisis tes akan menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat.

B.    Manfaat Anates
        Pada dasarnya anatest kegunaannya sama dengan item pengolah data lainnya, namun secara pengoperasian lebih mudah. Selain itu, hasil sudah langsung dianalisa oleh program.jadi, kita tidak perlu lagi bersusah payah menganalisanya kembali dengan kriteria yang ada.
Fungsi dan manfaat anates ini pastinya untuk menganalisis data soal-soal pilihan ganda (multiple choice), yang diujikan. Aplikasi anates ini sangat mudah sekali digunakan dan sangat membantu dalam menganalisis soal-soal pilihan ganda (multiple choice). Dengan Anates Versi 4.0.2 ini kita bisa memeriksa jawaban soal yang benar dan jawaban soal yang salah dengan praktis dan cepat.
Setelah soal diperiksa, dengan anates ini kita bisa melakukan penyekoran dan npemberian bobot untuk jawaban butir soal yang benar dan butir soal yang salah. Selain itu, data soal akan langsung diolah sehingga kita bisa langsung mengetahui:
-    ( Untuk soal piliha ganda)
1.    Uji Reliabilitas
2.    Pengelompokan Unggulan dan Asor
3.    Analisis Daya Beda
4.    Analisis Tingkat Kesukaran
5.    Korelasi skor tiap Butir soal dengan skor total
6.    Kualitas Pengecoh
7.    Rekap Analisis butir

( Untuk soal uraia)
1.    Uji Reliabilitas
2.    Pengelompokkan Unggulan dan Asor
3.    Analisis Daya Beda
4.    Analisis Tingkat Kesukaran
5.    Korelasi skor tiap butir dengan skor total
6.    Rekap Analisi Butir
Kemudahan penggunaan program aplikasi Anates
    Pengenalan program aplikasi Anates
    Antarmuka (interface) program aplikasi Anates
    Kecepatan dalam proses analisis butir soal untuk memperoleh informasi
C.    Cara Penggunaan Anates
Setelah Anates selesai di-install, kita dapat memulainya dengan meng-click gambar Anates.setelah di buka program anatesnya maka akan muncul. jendela


Bila memilih Analisis Tes Pilihan Ganda, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Bila memilih Analisis Tes uraian , akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Bila salah satu menu anates telah di pilih maka akan muncul jendela yang seperti gambar di atas yang berisikan:
-    File yang terdiri dari : edit data mentah, buat file baru, baca file yang ada, simpan, simpan dengan nama lain, keluar dari anates.
-    Penyekoran ang terdiri dari : penyekoran data, skor di bobot dan olah semua otomatis.
-    Olah data yang terdiri dari: reliabilitas, kelompok unggulan adan ansor, daya pembeda, tingkat kesukaran, korelasi skor butir degan skor total, kualitas pengecoh dan rekap analisis butir.
Ada suatu perbedaan pada nenu anates uraian dan anates pilihan ganda yaitu dalam hal soal pengecoh, dalam soal uraian tidak ada sol pegecoh yang diguakan.
Menu yang berwarna abu-abu artinya ‘baru bisa dipilih’ setelah ada proses lainnya (berwarna hitam).
Data mentah adalah jawaban subyek (peserta tes) beserta kuncinya. Untuk memulai pengisian data mentah, pilihlah menu “Buat File Baru”,  maka akan muncul dialog di bawah ini.

Isikan jumlah subyek, lalu tekan enter atau klik ok untuk memulai. selanjutnya
akan muncul:

Selanjutnya isikan jumlah butir soal dan jumlah pilihan jawaban dengan cara yang sama. Setelah anda yakin, tekan OK untuk memulai pengisian sehingga akan keluar layar untuk mengisi data mentah .
Langkah pertama:  isi kunci jawaban dari tes yang mau dianalisis (baris paling atas berwarna biru). Kolom satu untuk butir satu dan seterusnya.Kemudian Anda bisa memulai  mengisi jawaban siswa.
Menu “Buat File Baru”, “Simpan”, dan “Baca File”  berfungsi sama seperti yang terdapat di menu utama. Gunakan menu “Cetak” untuk mencetak data mentah.
Mengolah Data
Untuk mengolah data mentah ini, tekan tombol “kembali ke menu utama” maka Anda akan kembali ke menu utama (Tekan  tombol “Edit Data Mentah” untuk kembali ke pengisian data mentah).  Jika Anda perhatikan, tombol “Penyekoran Data”,  “Skor Dibobot”, “Olah Semua Otomatis” sekarang sudah bisa dipilih.
tiggal pilih saja hasil pengolahan data yang kita ingikan pada kolom olah data seperti pada gabar di bawah ini

Untuk mencetak ke printer,  tekantombol  “Cetak ke Printer”, dan untuk mencetak ke file teks, tekan tombol “Cetak ke File”. File teks ini dapat dibuka di MS Word untuk diolah lebih lanjut.
Cara pengolahan yang lain adalah melalui  menu“Penyekoran” atau “Penyekoran dengan Bobot” . Modul penyekoran berfungsi menghitung jumlah jawaban benar dan salah.Saat kita memasuki modul ini, Anates secara otomatis melakukan penyekoran.
D.    Contoh Pemanfaatan Anates
Contoh manfaat menggunakan aplikasi anates ialah kita bisa degan mudah melakukan penyekoran dan pemberian bobot untuk jawaban butir soal yang benar dan butir soal yang salah. Selain itu, data soal akan langsung diolah sehingga kita bisa langsung mengetahui:
    Reliabilitas tes (soal) yang diujikan
    Kelompok unggul dan asor untuk subjek (yang di tes)
    Daya pembeda setiap butir soal
    Tingkat kesurakan setiap butir soal
    Korelasi antara skor butir dengan skor total
    Kualitas pengecoh pilihan jawaban


2 komentar:

cipto mengatakan...

thank's...sangangat membantu...:)

nuruka mengatakan...

link downloadnya nd ad min..